Jumat, 20 November 2009

Biro Keuangan dan Pelaksanaan Anggaran

Untuk dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi Badan Pertanahan Nasional memiliki Biro yang dapat membantu kinerja programnya yaitu Biro Keuangan dan Pelaksanaan Anggaran sebagai penunjang utama kegiatan pertanahan yang secara tidak langsung juga menunjang kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui bidang Pertanahan.

Biro Kuangan dan Pelaksaan Anggaran merupakan bagian dari Sekretariat Utama dalam Badan Pertanahan Nasional yang memiliki tugas untuk mengkoordinasikan perencanaan, pembinaan dan pengendalian terhadap program, administrasi dan sumber daya di lingkungan kerja BPN.

Biro Keuangan dan Pelaksanaan Anggaran mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan anggaran dan penerimaan, perbendaharaan dan tata usaha keuangan serta akuntansi dan pelaporan.

Yah begitulah, namanya juga keuangan, terdengar WAH,,hehehehehehehehehe

Kita orientasi di berikan ruangan khusus, ada hotspot dan listrik. Sangat nyaman........

Di Biro ini saya mendapatkan pengetahuan tentang seluk beluk oragnisasi biro, restukturisasi program, pengelolaan APBN, mekanisme pancairan dana, pembukuan bendaharawan, dan pelaporan menggunakan sistem aplikasi Sistem Akuntansi Instansi.

Tapi itu semua saya dapatkan autodidak......alias belajar sendiri, yaaaaa memang kalo mau sukses kudu usaha sendiri lah ya hehehehehehehehehehehe. Alangkah lebih menyenangkan jika saya juga diberikan pengarahan agar komunikasi dua arah terbina jadi jika ada yang didiskusikan akan lebih afdol, tapi memang tidak semua tempat orientasi memiliki waktu untuk berbagi, tapi ya sudahlah pokoknya saya bisa belajar dengan nyaman itu saja sudah cukup.

Mudah-mudahan pengetahuan yang tidak maksimal ini tetap memberikan bekal untuk saya dalam memahami tentang keuangan di BPN.

Tidak ada komentar: