Kamis, 05 November 2009

Biro Perencanaan dan Kerjasama

Biro Perencanaan dan Kerjasama adalah Biro dibawah Sekretaris Utama
memiliki tugas untuk melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan integrasi penyusunan rencana program dan anggaran, administrasi kerjasama luar negeri, serta pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan.

WOW!!!!! kalo membaca tugas dan fungsi dari Biro ini benar-benar luar biasa, perencanaan yang matang sekaligus melaksanakan evaluasinya. Kalau dipikir-pikir, seorang perencanaa yang baik pasti memiliki struktur berfikir yang teratur dan sistematik, adalah tipe tipe orang koleris kuat dan melankolis yang berbaur dengan ketajaman berfikir untuk berstrategi.
Dalam BPN, bagian perencanaan memang diisi oleh orang-orang yang memiliki karakter yang kuat nya Koleris, pemikirnya Melankolis, tapi yang aneh, justru para pemimpin di Biro ini memiliki semangatnya Sanguinis yang memncar jelas memalui auranya.
Contohnya Bpk. Drs. Pelopor Yanto, M.Eng.Sc sebagai Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri, ia memiliki konsep dan struktur materi pembicaraan yang sangat rapi, dalam setiap pemberian materi oleh beliau, saya sangat terpukau dengan kemampuan Pak Pelopor yang mampu berbicara, menyampaikan dengan rapi dan tujuan pembicaraannya tersampaikan dengan jelas, dan mudah dicerna. Walaupun banyak temen-temen saya yang mengeluhkan bagaimana mereka tidak mengerti karena beliau sering memasukkan kata atau frase English dalam pembicaraannya tentang Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri di lingkungan BPN.
Kemudian Bapak Ir.Gabriel Triwibawa, M.Eng.Sc sebagai Kepala Bagian Perencanaan Program dan Anggaran Wilayah, beliau memiliki kekuatan dan metode tersendiri untuk "menyihir" saya untuk mendengarkan beliau berbicara. Pak Gabriel memiliki latar belakang sebagai dosen yang membuatnya memiliki kemampuan berbicara dan menyampaikan materi tentang motivasi dan data dasar dalam perencanaan.
Bapak Ir. Zen Widyatmaka, M.Eng. Sc sebagai Kepala Perencanaan Program dan Anggaran serta Bapak Daryono, S.E selaku Kepala Sub Bagian Program dan Anggaran Wilayah III yang selalu menyemangati saya untuk mempelajari Aplikasi Program RKA-KL (Rencana Kerja Anggaran KementrianNegara/Lembaga) yang di download dari web Departemen Keuangan, ini dia link-nya :

http://www.anggaran.depkeu.go.id/web-aplikasi-list.asp

Dan Terakhir dengan Ir. Usman sebagai Kepala Bagian Pemantauan dan Evaluasi yang memberikan saya pengertian dari perbedaan definisi pemantauan dengan evaluasi dalam unit kerjanya.

Pokoknya di biro ini saya mendapatkan  ilmu baru tentang perencanaan dan software baru,,,hehehehehehehehe

BPN RI, Jaya-jaya-jaya!!

Tidak ada komentar: