Kamis, 20 Juni 2013

Beda



 
‘ I don’t mind spending every day…’ suara merdu Marun mengalun pelan mengikuti lirik lagu kesukaannya.

“ Marun suka banget sama lagu ini ya?” tanya Sidik sambil mengalingkan pandangannya ke arah Marun sesaat

“ Hmm iya…suka banget” jawab Marun sembari tersenyum

“ Kenapa?” tanya Sidik lagi

“ Sexy…jadi teringat seseorang” jawab Marun sembari memejamkan matanya membayangkan seseorang

“ Ohh gitu” Sidik tersenyum pahit. Lantas ia mengeluarkan telepon selularnya, menghubungi seseorang

“ Halo…lagi ngapain?…eh iya saya sekarang sedang nganterin teman, jadi tungguin saya ya…ya udah ya, daag” percakapan singkat itu diakhiri dengan senyuman tipis di bibir Sidik
“ Temen…lo bilang lo lagi nganterin temen? Jadi gua hanya temen nih?!!” Marun sewot, emosinya mulai naik
“ Mmm maksud saya bukan gitu..” Sidik ingin memberikan penjelasan pada Marun tapi keburu dipotong omelan Marun
“ Ok ok…gua nggak mau marah gara-gara lo!!! Mendingan gua sekarang turun” ujar Marun dingin
“ Turun??” tanya Sidik bingung, ia sangat tidak tega membiarkan Marun turun di pinggir jalan malam-malam seperti sekarang
“ Ya turun!!! Maksudnya, lo berhenti di pinggir jalan, trus gua turun dan pulang sendiri” tegas Marun
“ Kok gitu sih?!!”
“ Daripada gua marah-marah nggak jelas sama lo, mendingan gua pulang sendiri pake angkot…turunin gua…SEKARANG!!!” mendengar bentakkan Marun Sidik langsung mengerem dan menepikan mobilnya ke pinggir jalan. Marun langsung menyambar tasnya dan membuka panel pintu, Sidik mencegahnya dengan menarik lengan Marun
“ Marun serius marah?” tanya Sidik pelan, berusaha tidak membuat emosi Marun makin naik
“ Pake nanya segala?!!! Jelas-jelas gua tuh sayang sama lo!! Kita saling sayang, tapi lo anggap gua cuman teman?!! Siapa yang nggak sakit hati Dik?” Marun berusaha mencegah air mata turun dari matanya
“ Run bukan gitu maksud saya…tadi yang saya telepon tuh kakak saya, Marun taukan kondisi saya? Please…saya nggak sengaja bikin Marun sakit hati…saya cuman nggak pengen hubungan ini ketahuan sama keluarga, saya nggak mau kehilangan Marun…please” jelas Sidik
Marun terdiam mendengar penjelasan Sidik tadi. Masuk akal memang…kondisi keluarga Sidik yang kolot memang merugikan posisi hubungan mereka saat ini. Marun termenung sesaat sebelum ia memeluk erat Sidik.
“ Maaf…gua terlalu emosi…gua sayang banget sama lo…nggak mau kehilangan Sidik” ujar Marun pelan, pipinya basah
“ Sama…saya juga sayang sama Marun…saya juga nggak mau kehilangan Marun…maaf kalo kondisi saya nggak memungkinkan hubungan kita untuk diketahui keluarga saya…maaf ya…Marun sayang” lanturan kata Sidik yang lembut membuat Marun merasa tentram dan sangat beruntung mendapatkan kekasih yang sangat sabar dan sayang padanya, Sidik mempererat pelukkannya, mengusap lembut rambut Marun dan mengecup kening Marun pelan
“ Jadi…pulang bareng sayakan?” tanya Sidik lembut, Marun menjawab dengan angukkan kepala dan seulas senyuman tipis yang mengembang di bibirnya


“ Heh tau nggak, tadi malam Taufan telepon gua dan nanya-nanya tentang lo gitu” ujar Galuh ditelepon
“ Apa? Taufan? Bohong ah!” Marun tak percaya
“ Eh Galuh nggak bohong!! Taufan nelpon Galuh dan nanya banyak tentang Marun…mulai dari nomor HP, alamat sampai nanyain apa mobil lo!!!” jelas Galuh
Mandengar penjelasan Galuh yang panjang lebar Marun menjadi penasaran dan GR…Marun merasa aneh kenapa gerangan Taufan ingin mengetahui banyak tentang dirinya?
“ Halo…Taufan ya” sapa Marun ramah
“ Marun? Hei!!!” balas Taufan girang
“ Apa kabar?? Masih ngebet sama MU Fan?” tanya Marun, sebenarnya ia bingung mau ngomong apa, ia hanya iseng saja menghubungi Taufan
“ Iya MU always!!! Eh Run ketemuan yuk?! Pengen jalan-jalan bareng Marun lagi nih, dah lama, rindu juga lo!” mendengar kalimat terakhir Taufan Marun menjadi GR, ia teringat masa SMA dulu ketika ia sering jalan-jalan, mengerjakan tugas, sampai belajar bersama Taufan. Dulu mereka memang sangat dekat sampai-sampai banyak yang berfikir kalau mereka adalah sepasang kekasih.
“ Jalan bareng?? Serius lo?” Marun balas bertanya
“ Iya serius…kalo mau gua deh yang ke Jakarta” jawab Taufan cepat dan yakin
“ Ok..kita jalan hari Sabtu minggu ini aja, mumpung gua masih di Bandung!” jelas Marun riang
“ Hah?!! Jadi lo sekarang lagi di Bandung?” tanya Taufan tak percaya
“ Iya, gua lagi ada proyek di sini…ya mumpung udah selesai proyeknya, jadi gua ada waktu seminggu untuk maen di Bandung”
“ Memang mau pulang kapan gitu?” tanya Taufan lagi
“ Mmm rencananya hari Sabtu…tapi kalo kita jadi jalan bareng, gua bisa undur jadwal pulang jadi hari Minggu kok!” ujar Marun riang
“ Bener nih?!!”
“ Iya…kita maen sepuasnya hari Sabtu dan Minggunya gua balik ke Jakarta…gimana?” tawar Marun
“ Ok kalo gitu gua jemput lo dari rumah lo ya”
“ Ok…lo masih ingetkan rumah gua yang dulu?” tanya Marun, ia tidak ingin Taufan nyasar
“ Iya…dulu sering banget gua ke rumah lo!! Masa iya gua udah lupa lagi…ok kalo gitu gua jemput lo Sabtu ini jam 4 sore”
“ Gua tunggu…bye” Marun tersenyum lebar dan bangkit dari tempat tidur menuju lemari pakaian untuk membongkar isinya memilih baju mana yang cocok untuk dikenakan hari Sabtu nanti

“ Ya udah nggak apa-apa kok, saya masih bisa baca buku di rumah. Tapi Run hari Minggunya mau saya antar?…kenapa?…nggak kok! Saya nggak ngerasa repot nganterin Marun…ya udah terserah Marun, yang penting ati-ati ya nyetir mobilnya jangan ngebut, saya khawatir kalo Marun ngebut-ngebut…saya nggak mau orang yang saya sayangi celaka…ya udah kalo gitu, bye” Sidik menyudahi percakapan singkatnya dengan Marun ditelepon dengan sedikit kecewa karena Sabtu nanti ia tidak bisa bertemu dengan Marun karena kekasihnya membatalkan acara datenya karena harus menjenguk neneknya yang sakit.

“ Enak juga mobil ini…ya iyalah, mobil baru gitu lo!” ujar Marun sambil meng-explore interior mabil Taufan yang masih tercium bau dealer.
“ Segitu amat Run, biasa aja ah” kilah Taufan malu-malu
“ Mmm kita mau kemana Fan?” tanya Marun antusias
“ Kita ke Dago pakar yuk?” ajak Taufan tak kalah antusias
“ Sip”. Akhirnya mereka memutuskan untuk ber-malam mingguan di Dago Pakar dan meneruskan acara malam minggu itu di restoran kecil di bilangan Lembang.
“ Weiss dingin banget ya?!” Marun mengusap kedua lengannya sendiri, mencoba menghilangkan rasa dinginnya
“ Hahaha dasar orang Jakarta, masa segini aja udah kedinginan?” Taufan lantas membuka jaket yang dikenakannya dan memakaikan jaket tersebut pada Marun
“ Duh makasih Fan. Lo baik banget!” Marun berterima kasih
Malam itu terasa amat panjang. Mereka menghabiskan malam tersebut dalam kehangatan berdua.

“ Run ati-ati ya” ujar Sidik di telefon, suaranya terdengar sedikit bergetar mungkin karena khawatir
“ Thanks Dik, I’m gonna be alright! Tenang aja Mas, gua pasti bisa jaga diri kok!” jawab Marun riang, masih tersisa memori indah kejadian tadi malam
“ Iya, saya tau Marun jago nyetirnya. Tapi saya khawatir aja…so, hati-hati ya, jangan ngebut, jangan lupa makan, jangan..”
“ STOP!!! Ya gua tau kok!!” potong Marun sedikit kesal, menurutnya Sidik terlalu protektif terhadapnya
“ Ok…saya harap Marun selamat samapai tujuan ya”
“ Ya…udah ya, gua mau nyetir neeh…pengen cepet sampai, daah” Marun segera memutuskan hubungan di telefon seelularnya. “ Dasar, overprotected!! Memangnya gua nggak bisa jaga diri apa?” dumel Marun sendirian, sedetik kemudian Marun menginjak rem mobilnya dalam-dalam!!!
“ Oh my Godness…Mas nggak apa-apa Mas?” tanya Marun sewaktu menghampiri pemuda berkaca mata yang hendak menyebrang yang hampir saja Marun tabrak. Marun gugup setengah mati, takut orang tersebut marah besar terhadapnya.
“ Marun?”
“ Hah…kok kenal saya? Kamu?” Marun balas bertanya. Alih-alih menjawab, pemuda tersebut membuka kacamata hitam yang dipakainya
“ Taufan?” tanya Marun keheranan
“ Ya…kok kebetulan banget ya?” seru Taufan, yang tadinya hendak marah besar malah tersenyum lebar
“ Hahaha, kita memang sejodoh mungkin…tapi lo nggak apa-apakan?” tanya Marun lagi, khawatir ada sesuatu yang terluka
“ Nggak, lo nggak menyentuh gua sedikitpun kok!”
“ Syukur deh kalo gitu. Mmm lo mau kemana nih? Kok sendirian aja?” tanya Marun
“ Gua tadi mau ke warung itu, gua bareng keluarga mau ke Jakarta, mau jenguk saudara. Eh lo sendiri lagi ngapain?” Taufan balas bertanya
“ Gua mau pulang, mau ikut bareng gua?” tawar Marun
“ Mmm mau sih, tapi gua nggak enak sama keluarga gua”
“ Ayolah…please…temenin gua ok!! Sekalian nebus dosa gara-gara gua hampir nabrak lo!” pinta Marun lagi
“ Ya udah, lo tunggu disini ya, gua minta izin dulu! Nanti gua temui lo di mobil ok?!” Taufan lalu beranjak pergi. Marun kembali ke mobil sambil tersenyum lebar, hati senang karena Taufan akan bersamanya lagi

Sudah sebulan ini Marun dan Taufan jalan bareng. Taufan setiap Sabtu dan Minggu bolak-balik Bandung-Jakarta menemui Marun. Hubungan mereka kembali dekat, sama seperti semasa SMA dulu. Marun merasakan suasana baru yang lebih fun, rileks, dan tenang karena tak perlu menutup-nutupi keadaan hubungan mereka. Marun merasa menemukan sosok yang ia idam-idamkan dalam diri Taufan yang tidak dimiliki dalam diri Sidik. Terkadang Marun bingung akan perasaannya, tapi itu semua ditepisnya ketika melihat mata cerah milik Taufan datang menghampirinya setiap Sabtu sore
Malam itu Marun dan Taufan pergi makan malam di café di bilangan Kemang, suasana romanis membalut suasana malam itu.
“ Run, kok lo belon punya pacar sih?” tanya Taufan sambil meminum Yogurt milik Marun
“ Iiih kok minum punya gua seeh?” canda Marun
“ Yee pelit lo!!”
“ Enak aja dasar!!” lantas Marun mencubit pinggang Taufan. Mereka saling balas sampai akhirnya Taufan yang memenangkan ‘pertarungan’ itu
“ Yogurtnya kemana-mana tuh!! Di-lap sama tissue nih” Marun lantas mengambil tissue dan mengusap bibir Taufan pelan membersihkan Yogurt. Bukannya berterimakasih, Taufan malah mendekatkan dirinya pada Marun sampai kepala mereka hanya terpisahkan udara yang berjarak kurang dari satu jengkal
“ Bersihinnya nggak usah pake tissue, lo juga bisa bersihin bibir gua ok” ujar Taufan lembut sambil menarik Marun kearahnya lebih dekat lagi. Bukannya menolak, Marun malah mendekati Taufan.
Marun larut dalam sensasi hangat dan lembutnya bibir Taufan dalam lumatan basah bibirnya. Jantungnya berdetak lebih kencang daripada biasanya, debaran yang luarbiasa hebatnya, yang tidak pernah ia temukan dalam hubungannya bersama Sidik.
“ Sudah bersih?” tanya Taufan saat mengakhiri ciumannya
“ Perfect!” balas Marun sambil tersenyum lebar
“ Ok…well I guess you are mind now” ujar Taufan lembut
Marun agak kaget mendengar kalimat terakhir dari Taufan, ia tak menyangka kalau Taufan ingin memperjelas status hubungan mereka dan menginginkan adanya ikatan diantara mereka. Marun enggan menjawab pernyataan Taufan tersebut, Marun hanya tersenyum kecil menanggapi Taufan yang lantas memeluk tubuh Marun erat.
Terlintas di pikiran Marun untuk memutuskan hubungannya dengan Sidik dan serius dengan Taufan, seseorang yang membawa perbedaan dalam hubungan yang sangat menyenangkan.

“ Kenapa sih kok saya sulit sekali ketemu sama Marun belakangan ini?” tanya Sidik kalem , walaupun sebenarnya sedikit kecewa karena kekasihnya tak kunjung bisa ia temui
“ Dik, maaf…gua banyaaaak sekali kegiatan Sabtu ini, so gua nggak bisa jalan sama lo apalagi ke Bandung. Maaf ya…gimana kalo minggu depan aja?” tawar Marun
“ Ok, minggu depan saya mau ke rumah Marun jam 5 sore ok!” ujar Sidik riang, akhirnya ia bisa juga bertemu dengan Marun setelah sekian lama terus-menerus menolak kedatangan Sidik ke Jakarta
“ Ya minggu depan aja, kebetulan ada sesuatu yang mau Marun omongin sama Sidik”
“ Mau ngomong? Ngomong apa? Kok kayaknya serius amat?” tanya Sidik heran, karena biasanya Marun bicara jika ada kepentingan dengannya
“ Mmm ya, agak serius, jadi kita harus ketemuan. Gimana?”
“ Ok…samapai jumpa Sabtu sore ya….Saya sayang Marun, daah” Sidik ceepat-cepat memutuskan telefon
“ Ya….gua nggak tau harus ngomong gimana sama lo tentang gua sama Taufan…Dik, maaf, gua nggak bermaksud menyakiti lo, tapi gua bener-bener suka dengan kehadiran Taufan bersama gua saat ini…maaf” ujar Marun pelan sambil mematikan telefonnya, pipinya basah

“ Fan lagi ngapain?” tanya Marun riang
“ Mmm gua lagi belajar bareng temen neeh” jawab Taufan cepat
“ Ooo Sabtu gini lo belajar? Wah cowok ku memang rajin banget ya” balas Marun girang, ternyata Taufan rajin juga ya, mengisi waktu malam minggunya dengan belajar
“ Gimana nggak rajin? Lah wong pacarnya aja rajin banget belajar. Coba, pacar mana yang malam minggu nolak ngedate dengan alasan mau belajar bareng?” canda Taufan
“ Mmm iya-iya maaf, gua memang besok mau ujian, so gua kudu belajar nih malem, jadi hari minggunya gua tinggal persiapan mental aja…dasar!!” balas Marun
“ Hehehe iya-iya, eh mmmm”
“ Fan…lo lagi ngapain sih?” tanya Marun curiga karena seperti mendengar suara kecupan
“ Mmm gua lagi belajar kok!!”
“ Oh” Marun lantas berbalik dari kasir café stelah memesan beberapa makanan kecil dan minuman untuk menyambut kedatangan Sidik nanti. Betapa terkejutnya Marun ketika ia menegakkan kepalanya setelah menghitung uang kembalian dan mendapati Taufan sedang berciuman mesra dengan wanita lain di meja tepat disebrang kasir dimana ia berdiri saat ini. Marun tercengang melihat Taufan yang saat ini memeluk tubuh wanita tersebut dan mengusap pelan rambutnya. Sekejap saat Marun merasakan kemarahan yang luarbiasa, ia ingin sekali melabrak Taufan saat itu juga, tapi ia tersadar oleh suatu fakta, bahwa ia juga selingkuh dengan Taufan disaat ia menjalin kasih dengan Sidik.
Ia, lantas mendekati meja tersebut dan duduk di bangku diseberang Taufan dan wanita itu berpelukkan.
“ Hai…belajar apa Fan?” tanya Marun tanpa menurunkan telefon selularnya. Taufan kaget setengah mati mendapati Marun berada dihadapannya.
“ Marun?? Mmm gua..gua..” Taufan tak kuasa mengendalikan keadaan saat itu
“ Gua salah selama ini menilai lo Fan. Gua kira lo beda, ternyata lo tuh rata-rata banget!!”
“ Run gua…gua cuman” Taufan berusaha memberikan alasan
“ Cuman mau minta maaf?? Ato…apa? Whatever, Bye” Marun bangkit dan meninggalkan Taufan yang terpaku terdiam
Marun bergegas menjauhi café tadi. Ia marah…marah terhadap dirinya sendiri.
“ BODOH!!! BODOH!!! Lo tuh bego banget sih Run? Gila lo ya, percaya sama buaya darat macam dia!!! S***!!” Marun marah-marah sembari mengendarai mobilnya kencang, ia hanya ingin cepat sampai dirumah, itu saja.
Sesampainya di rumah, Marun sedikit berlari memasuki rumah. Sesaat ia terhenti ketika melihat seseorang yang duduk terdiam menunggu kehadirannya. Perasaan Marun menjadi tenang ketika menatap mata hangat itu, gejolak dalam hatinya semua meluruh ketika tersenyum mengembang dari bibir seseorang yang sedang duduk di sofa di rumahnya. Tanpa ragu Marun berjalan cepat ke arahnya, dan memeluknya erat. Wangi parfum kesukaannya langsung tercium dari belakang telinga seseorang tadi. Marun menangis pelan sambil memeluk tubuhnya erat dan memejamkan matanya. Marun rasanya tak ingin melepaskan pelukkan itu selamanya, ia merasa aman dan nyaman dalam pelukkan itu.
“ Marun…Marun kenapa?” tanya orang tersebut
“ Rindu…Marun rindu sekali…Marun pengen melepaskan semua kerinduan Marun. Marun mau mencium terus wangi ini. Marun mau terus berada dalam pelukkan seperti ini. Marun…Marun sayang banget sama Sidik” ujar Marun pelan
Sidik tersenyum kecil menanggapi semua perkataan Marun tadi. Sidik lantas mengusap rambut Marun pelan, dan mengusap wajah Marun dari air mata yang sekarang membasahi pipnya
“ Marun segitunya sih? Memang kita lama banget ya nggak ketemu…Sama, Sidik juga rindu banget sama Marun. Mungkin lebih rindu daripada Marun” ujar Sidik kalem menenangkan kekasihnya
“ Beda…ini beda Dik…Gua…gua merasa seperti mendapatkan berkah dari Tuhan bisa memeluk Sidik. Sidik beda, beda sekali daripada yang lain. Tapi karena beda itulah Marun sayang banget sama Sidik. Marun nggak akan ngecewain Sidik. Marun…Marun....
“ Ssshhtt…” lantas Sidik melakukan hal yang selama ini tidak pernah ia lakukan terhadap Marun. Sidik mencium pelan tepat di bibir Marun.  Penyesalan itu hilang sudah, ia hanya bertekad bulat untuk selalu setia, dan berusaha sebaik mungkin menjadi kekasih yang baik untuk Sidik.
Sidik, kamu memang beda…

R 4 Mei 2005

Tidak ada komentar: