Selasa, 16 Juli 2013

Whisper



“ Sejak kapan nama gua berubah jadi Dito?!!” tanya David marah, hatinya kali ini benar-benar marah mendengar kekasihnya memanggilnya dengan nama lelaki lain.
“ Duh-duh…maaf, gua nggak sengaja. Mmm maksud gua David, bukan Dito…maaf ya?” pinta Marun menyesal sekali ia telah mengulangi kesalahan yang sama untuk yang kesekian kali dalam minggu ini.
“ Ahh…gua pergi aja deh! BT gua disini!!” ujar David marah sembari meninggalkan Marun sendiri di meja makan di restoran ternama malam minggu itu. David meninggalkan Marun yang terpaku melihat sikap David yang luar biasa marah akibat kecerobohannya salah menyebutkan nama.
Marun hanya tersenyum kecut menyikapi tingkah laku David yang tega meninggalkan begitu saja. Marun bangkit, berjalan agak gontai menuju kamar mandi. Sesudah mengunci kamar mandi, Marun menunduk menahan air matanya yang tak kunjung berhenti keluar dari matanya karena sedih… Kenapa harus salah sebut nama? Kenapa harus malam ini? Kenapa harus tiba-tiba teringat Dito? Air matanya kian deras, malam makin dingin…

“ Pagi Run!!” sapa Nana riang setibanya di kampus
“ Eh, Nana…pagi juga” balas Marun ramah
“ Mata lo sembab, lo tadi malam nangis ya?” tanya Nana curiga melihat mata Marun yang sembab pagi itu
“ Mmm ia nangis, tapi ini juga ditambah tidur terlalu banyak, jadi gini deh…hehehe udah, gua nggak apa-apa kok!!” kilah Marun
“ Kalo ini gara-gara David, awas ya tuh anak!!”
“ Nggak!!! Bukan karena dia kok!!” bela Marun

Marun berjalan tergesa-gesa sepulang dari kuliah menuju parkir mobilnya. Ia mengacuhkan dering telefon yang memanggilnya sedari tadi. Ia ingin segera menuju suatu tempat yang sangat ia kunjungi saat ini.
“ Kok nggak diangkat-angkat sih?” David mengeluhkan Marun yang tidak mengangkat panggilannya.
“ Dave…kok lo marah-marah melulu sih? Kasiankan yang mau lo telfon??!” ujar Dimas menenangkan David
“ Jangan lo bela-bela dia!! Kebuktikan kalo dia nggak beres!!” timpal David lagi, ia benar-benar diliputi hawa negatif dari kemarahannya
“ Whatever” Dimas lantas pergi meninggalkan David untuk kembali membaca bukunya
Marun tersenyum menenteng bunga Lili Putih, bunga favoritnya, di tangannya. Marun berjalan pelan menuju gundukkan tanah merah yang wangi bunga didepannya. Marun berhenti sesampainya disamping makam. Merendahkan tubuhnya, berjongkok disamping batu nisan yang putih bersih, lalu meletakkan bunga lili putih di atas gundukkan tanah menggantikan bunga lili putih sebelumnya yang sudah layu. Marun mengembangkan senyumnya sambil mengelus batu nisan yang dingin itu, lalu menciumnya pelan.
“ Tuhan, tolong temani dia di surga sana…I miss you” ujar Marun pelan, lalu mencium lagi batu nisan tersebut  dan bangkit menuju tempat dimana ia memarkirkan mobilnya.
“ Misscall? Dave?!” Marun terkejut mengetahui David yang menelfonnya sewaktu ia ke makam tadi, Marun memang tidak membawa apa-apa kecuali bunga. Marun segera menguhubungi David ingin minta maaf atas kesalahpahaman tadi.
‘Tuuut….tuuut’ “Angkat dong” ujar Marun
“ Haha, sekarang lo yang nelfon gua? Nah nggak enak ya kalo nggak diangkat!! Sukurin!!” ujar David meninggalkan HP-nya tergeletak di diatas tasnya menuju lapangan basket
“ Dave…Marun telfon tuh!!” Dimas memberitahu David
“ Nggak usah diangkat!! Biarin aja!!” balas David sambil melemparkan bola ke arah keranjang basket yang ternyata masuk.
“ Katanya tadi lo nelfon nggak diangkat!! Sekarang giliran dia yang nelfon, kok lo nggak angkat?” tanya Dimas heran
“ Gantian dong!! Jadi kita seimbang!!” balas David lagi
“ Whatever…Hallo” Dimas menjawab telefon Marun
“ Dave…maaf ya tadi nggak gua angkat, gua ninggalin HP di tas sewaktu gua keluar” Marun menjawab
“ Ini Dimas, maaf ya Run, David-nya lagi main basket. Bisa tinggalin pesan?” tanya Dimas sopan
“ Mmm nggak usah… oya, Mas, besok latihan di gymnasium ya?”
“ Ya, itu latihan terakhir kita sebelum tanding. Lo mau dateng?” tanya Dimas
“ Ya, gua mau kasih support ke David dan elo!!” balas Marun riang
“ Ok, kita tunggu lo di pintu depan jam 3 sore. Ok?!!”
“ Sip!! Thanks ya” Marun lantas melajukan mobilnya ke arah Blok M

“ Mana tuh anak ya?” Dimas melemparkan pandangannya mengitari gymnasium mencari Marun yang juga datang
“ Lo tuh ngapain nyariin dia? Yang ada mestinya gua yang nyariin dia. Well, berhubung kita nggak janjian, jadinya dia nggak mungkin dia kesini” jawab David enteng
“ Lo tuh cowoknya Marun apa bukan sih?” tanya Dimas tak percaya setelah mendengar ucapan yang baru saja keluar dari mulut sahabatnya itu
“ Mmm nggak tau. Kalo sekarang sih masih…tapi kalo dia buat satu kesalahan lagi, kita putus!” jawab David lagi
“ Hah?! Segitunya Dave?”
“ Udah ah mendingan gua kesana dulu, males gua ngomongin dia” ujar David meninggalkan Dimas menuju arah cewek-cewek cheerleaders yang sedang istirahat di pinggir lapangan basket
Dimas lantas mengambil Hpnya dan menelfon Marun
“ Run lo dimana?” tanya Dimas cepat
“ Gua lagi kesana” suara Marun terengah-engah, ia berlari sambil menerima telefon dan membawa bungkusan kecil, hadiah untuk David
“ Hai” sapa Dimas ketika melihat Marun berlari kearahnya dan mematikan telefonnya.
“ Hah-hah-hah capek…capek banget!” ujar Marun. Dimas membantu menenangkan Marun yang kecapekan dengan memberikan sebotol air mineral kepada Marun.
“ Thanks ya” Marun meminum air pemberian Dimas sambil melemparkan pandangan kearah David yang sedang bercengkrama dengan cewek-cewek cheerleaders di seberang lapangan sana. Marun berhenti meneguk minumannya, tertegun melihat David yang sangat senang tertawa lepas ketika salah satu cewek itu menyeka keringat David. Rasa cemburu merayapi Marun, bukannya marah, Marun malah tertunduk menahan emosinya lalu membuka bungkusan kecil yang pegang. Ternyata handuk kecil berwarna biru tua, warna favorit David. Marun lalu menyeka keringat Dimas yang berdiri disampingnya.
“ Ma-Marun…heh tumben lo perhatian” ujar Dimas salah tingkah
“ Hehe keringet lo banyak banget!!! Nih buat lo aja!” ujar Marun sembari memberikan handuk tersebut
“ Loh ini bukannya buat David?” tanya Dimas
“ Mmm…dia nggak butuh tuh! Dia udah punya cewek lain untuk menyeka keringat dia”
“ Apa maksud lo?” tanya Dimas lagi
“ Tuh…liat aja sendiri” jawab Marun lemah sambil menunjuk ke arah David yang sekarang sedang disuapi makanan kecil oleh cewek lain, mesra sekali. Marun merasa tak tahan lagi menahan emosinya. Maka ia putuskan untuk berbalik dan pergi dari tempat itu. Dimas menyusul Marun.
“ Run!!! Tunggu!!” Dimas menahan lengan Marun
“ Kenapa Mas?” tanya Marun dengan suara yang dibuat seramah mungkin, Marun tak ingin Dimas melihat sisi lemah Marun yang sedang dilanda kemarahan
“ Lo nggak apa-apakan?” tanya Dimas sambil
“ Apa-apa sih…hari ini ulang tahun David, dan David deketin cewek lain. Bentar lagi gua putus sama dia, itu aja kok” jawab Marun enteng “ O iya, makasih atas ide kado ulang tahunnya. Bye, gua mau pulang, badan gua capek setelah nyari kado tadi. Sori ya kalo handuk yang tadi gua kasih sebenernya buat David…Bye” Marun segera membalikkan badan dan berlari sekencang-kencangnya menuju mobil dan pergi sejauh-jauhnya untuk menangis sepuasnya….
Dimas hanya bengong mendengar semua ucapan yang keluar dari mulut Marun tadi. Hatinya merasa kasihan pada Marun…

“ Hai…what’s up guys?” sapa David paginya
“ Hei…tumben pagi-pagi banget lo dah sampe kampus?” tanya Dimas tak percaya
“ Gua mau cari cewek lebih pagi” jawab David enteng
“ Kalian udah putus?” tanya Dimas kaget mendengar kata-kata asal dari sahabatnya itu
“ Iya…dia tadi malam Marun datang ke kos-an gua dan mutusin gua setelah dia ngasih ini” David lantas menunjukkan topi dari dalam tasnya
“ Hah…dia dapet tuh topi?” Dimas terkagum melihat topi ditangan David
“ Emang kenapa sama nih topi?”
“ Itu…topi limited edition…jarang dan susah banget didapetin di Indonesia. Setahu gua hanya ada 10 buah topi seperti itu di dunia ini. Dave, lo tuh beruntung banget ya punya cewek perhatian gitu sama lo…tapi keberuntungan lo sudah abis karena lo udah kehilangan dia” jelas Dimas. David tersinggung mendengar ucapan Dimas tadi lantas David membuang topi ditangannya itu.
“ Nih!!! Makan tuh topi!!” David membuang topi pemberian Marun ke tong sampah. Tepat didepan tong sampah tersebut, berdiri Marun yang sedang menatap sedih ke arah David. Jemarinya mengepal erat, mulutnya berusaha untuk tersenyum ketika menegakkan kepalanya menatap David.
“ Kenapa Dave?? Lo nggak suka sama topi pemberian gua?” tanya Marun, suaranya dibuat  senormal mungkin
“ Ya…gua nggak suka sama topi lo!!” jawab David ketus
“ Kalo gitu nggak usah dibuang ke tong sampah dong…mending kasih aja ke anak jalanan, siapa tahu lo dapet berkah dari situ” jawab Marun tenang
“ Eh Marun maaf ya…sebenarnya gua yang salah” sela Dimas, ia merasa tidak enak, karen setelah mendegar kata-kata Dimaslah David menjadi marah
“ Ya kenapa nggak elo yang kasih ke anak jalanan aja?? Atau lo anggap gua anak jalanan gitu?!!” David mulai naik pitam
“ Maaf, kalo gua menyinggung perasaan lo. Gua kasih tuh topi karena gua sayang sama lo, tapi tenyata topi itu nggak cocok sama lo…ya udah nggak apa-apa, nanti pasti gua kasih yang cocok sama lo, Ok” ujar Marun dengan nada suara ramah. Membungkuk mengambil topi dari tong sampah, tapi ternyata sudah diambilkan dulu oleh Dimas.
“ Thanks ya, maaf merepotkan…jadi kotor deh tangan lo” sesal Marun sambil membersihkan tangan Dimas dengan tissue
“ Udah nggak apa-apa” kilah Dimas cepat
“ Ok see ya” Marun cepat-cepat menghilang dari hadapan mereka
“ Gila…tuh cewek baik banget…” kagum Dimas sambil melihat kepergian Marun dari hadapannya
“ Jadi sekarang lo suka nih sama Marun?” tanya David ketus
“ Mmm dia bukan punya lo lagikan? Jadi boleh dong kalo gua deketin malaikat seperti dia?” tanya Dimas tersenyum
“ Take it!! Asal siap-siap aja lo salah dipanggil namanya sama dia” ujar David sambil ngeloyor pergi

“ Mbak, lili putih seikat!” pesan Marun pada penjual bunga. Setelah mendapatkan bunga tersebut, Marun kembali ke mobil dan menuju tempat biasa ia menaruh bunga lili putih
Marun jongkok membersihkan batu nisan dari debu, mengganti bunga yang sudah layu dengan bunga segar yang ia bawa. Marun meletakkan bunga tersebut dengan hati-hati lalu mencium batu nisannya.
“ Suka dengan bunga lili putih rupanya” Marun cepat-cepat berpaling mencari darimana asal suara tadi.
“ Jangan takut…gua bukan hantu kok!”
“ Dimas?? Lo ngapain disini?” tanya Marun lega, ternyata Dimas
“ Lo sendiri lagi ngapain disini?” tanya Dimas ikut jongkok disamping Marun, lalu membaca tulisan di batu nisan :

R. DITO SATRIA PRATAMA
Lahir Jakarta 26 Mei 1985
Wafat Jakarta 13 November 2004


 “ Dito…siapa Run?” tanya Dimas pelan
Marun menundukkan kepalanya, menyembunyikan wajahnya yang sekarang pucat pasi.
“ Run…lo kenapa?” tanya Dimas khawatir
“ Mmm gua nggak apa-apa kok! Dimas, lebih baik lo nggak disini, nanti ganggu jadwal kegiatan lo” ujar Marun, Marun tak ingin orang lain tahu tentang orang yang namanya terukir di batu nisan itu.
“ Gua free hari ini…Marun sehat? Pucat banget” Dimas menyeka wajah Marun yang pucat dengan sapu tangannya
“ Mungkin kedinginan…I’m fine, thanks ya”
Dimas lantas membuka jaket yang ia kenakan lalu menyelimuti tubuh Marun dengan jaketnya
“ Mudah-mudahan jadi lebih hangat…O iya, kenapa lili putih?” tanya Dimas membuka pembicaraan. Bukannya menjawab, Marun malah menitikkan air mata
“ Duh maaf kalo menyinggung Marun…gua nggak ada maksud kok!!” ujar Dimas setelah melihat air mata Marun bergulir. Dimas lalu meyeka air mata itu dengan sapu tangannya
“ That’s ok…I’m fine…lili putih ya?” ujar Marun berusaha tersenyum
“ Stop! Nggak usah diterusin kalo lo jadi sedih…gua nggak punya hak untuk tahu kok! Kita pulang aja ya” kilah Dimas
“ Nggak jangan pulang!!! Sebenernya gua juga udah lama nggak kasih tahu orang lain tentang semua ini…bahkan belum ada yang tahu kalo bunga ini gua beli untuk gua taruh disini…Kenapa lili putih ya? Lili putih itu cantik, sama seperti jiwa orang yang tidur disini, jiwa Dito…Seseorang yang memiliki cinta yang luar biasa besar, murni dan tulus. Lelaki yang benar-benar tahu bagaimana saling mengasihi dan menyebarkan kedamaian di hati gua…ini bunga favorit gua yang selalu Dito kasih ke gua semasa hidupnya, tiap Minggu pagi Dito selalu memberikan bunga Lili putih di samping tempat tidur gua …dari situ setiap hari gua kasih bunga ini untuk menemani dia berjalan disurga sana. Gua nggak pernah lupa walaupun sehari untuk mengganti bunga, kadang gua tambah sama bunga lain seperti melati atau mawar, tapi memang hanya lili putih yang cocok untuk Dito” jelas Marun
“ Wow…alasan yang luar biasa…belum ada orang yang melayat ke makam dengan bunga lili. Dito ya?” tanya Dimas, Marun menganguk cepat mengiyakan. “ Jadi pengen bertemu sama Dito, pasti dia tampan ya?” tanya Dimas lagi
“ Ya…Dito memang luar biasa tampan…dulu dia paling badung dan jago tae kwon do. Tapi berhasil gua kalahkan” Marun tersenyum mengingat masa lalunya
“ Wah…lo hebat banget!! Ternyata lo bisa tae kwon do ya, wah kita bisa latihan bareng dong?!!”
“ Hehehe itu dulu, sekarang gua putuskan untuk nggak nerusin tae kwon do”
“ Kenapa?” tanya Dimas tak setuju
“ Bikin gua inget sama Dito”
“ Ooo Dito pasti sangat berarti buat lo ya…sampai-sampai lo terus membuat kenangan itu hidup sampai saat ini”
“ Apa maksud lo?” Marun balik bertanya
“ Ya…lo sering salah panggil David dengan Dito, nggak mau latihan tae kwon do lagi, tiap hari ganti bunga kesini, sampai…”
“ Sampai apa?” tanya Marun tak sabar
“ Sampai…lo cium batu nisannya. Waktu gua lihat, gua tahu lo sangat sayang dan cinta sama Dito…apa gua benar?” tanya Dimas pelan, takut Marun tersinggung atas segala ucapannya tadi. Marun kembali menundukkan kepalanya setelah mendengar kesimpulan Dimas tadi.
“ Tuh-kan…lo marah ya? Maaf-maaf, gua bukan mau nyakitin lo atau membuyarkan kenangan lo, gua…” Marun memotong semua kata-kata Dimas dengan pelukkan erat Marun.
“ Thanks ya…mau dengarkan semua cerita gua…ahh, rasanya seperti menurunkan beban 2 ton yang selama ini ada dipundak gua…makasih ya” ujar Marun sambil mengeratkan lagi pelukkannya. Dimas yang tadinya terkejut, sekarang merasa damai dan membalas pelukkan Marun dan mengusap kepala Marun untuk menenangkannya…
“ Beruntungnya Dito dan David pernah punya cewek baik seperti lo” ujar Dimas pelan sambil mengusap kepala Marun
“ Tapi gua belum bisa memberikan yang terbaik buat mereka…apalagi David” balas Marun pelan, mulai melepaskan pelukkannya
“ Sudahlah…nggak usah diungkit lagi…kita pulang yuk, langit udah mulai mendung tuh” ujar Dimas sambil menadahkan kepalanya ke arah langit yang mulai menghitam

*     *     *     *     *

3 bulan kemudian….
Marun memejamkan matanya menikmati lembutnya bibir Dimas dalam lumatan bibirnya. Mereka berciuman sore itu, menikmati indahnya pantai yang memerah cerah menempa kulit mereka yang sedikit terbakar.
Marun lalu memeluk Dimas. Dimas membalas dengan mengusap kepala Marun dan menciumnya…perasaannya saat ini sangat bahagia….
“ Dito…” Dimas mendengar bisikkan pelan Marun sewaktu memeluk dirinya. Dimas lantas melepaskan pelukkannya
“ Kenapa?” tanya Marun
“ Nggak…gua mau ke mobil dulu” ujar Dimas bangkit menuju mobil. Dimas buru-buru mengambil Hpnya dan menelfon sahabatnya
“ Dave…lo bener, dia salah panggil gua dengan…”
“ Dito!!” tebak David
“ Ya…bener banget” balas Dimas lemah, ini berarti Marun belum bisa melupakan bayang-bayang Dito dari pikirannya
“ Benerkan apa kata gua? Mendingan lo tinggalin aja dia, dia tuh maniak sama orang khayalannya yang namanya Dito!” David menasihati sahabatnya
“ Dito bukan orang khayalan…tapi orang yang sudah meninggal” jawab Dimas
“ HAH?!!! Udah meninggal?” tanya David tak percaya
“ Iya, gua tahu makamnya…Dulu dia bekas pacar Marun..dan..” Dimas berhenti meneruskan percakapannya ditelefon karena ia melihat Marun berjalan ke arahnya. “ Udah dulu ya, dia kesini tuh!!” ujar Dimas cepat sambil mematikan Hpnya.
“ Ngapain Mas?” tanya Marun lembut
“ Run sini!” pinta Dimas untuk duduk disampingnya di jok belakang mobil
“ Ya” Marun pun duduk disampingnya. Dimas lalu memeluk bahu Marun, membelainya dan menciumnya…
“ Sori…tadikan udah” Marun menyudahi ciuman itu
“ Memang kenapa? Kitakan pacaran…nggak boleh ya?’
“ Bukannya gitu, tapikan kita bisa kiss lagi lain waktu”
“ Mmm lain waktunya sudah datang…sekarang!!” Dimas lalu memeluk Marun dan menciumnya lagi. Kali ini Dimas tidak hanya mencium bibir Marun, ia juga membumbui ciumannya dengan hasrat yang besar. Saat itu yang terpikirkan oleh Marun adalah berada dalam pelukkan
“ Dito” bisik Marun pelan
Dimas menghentikan semua prilakunya setelah mendengar bisikkan Marun tadi. Langsung keluar dari mobil dan berjalan cepat menuju pinggir pantai. Dimas berusaha menyembunyikan kemarahannya dari hadapan Marun
“ Mas…kenapa Mas?” tanya Marun dibelakang Dimas
“ Gua udah nggak tahan sama lo” jawab Dimas pelan
“ Kenapa? Gua kurang perhatian sama lo? Gua salah ya waktu tadi…atau gua”
“ STOP!!! Lo kok nggak sadar sih dimana kesalahan lo?” Dimas mulai kesal dan tidak bisa menyembunyikan kemarahannya lagi
“ Mas…maaf…gua pasti salah besar ya…maaf” ujar Marun pelan, ia masih belum sadar apa gerangan kesalahan yang telah ia perbuat
“ Maaf…itu gampang…yang penting lo sadar dulu apa kesalahan lo!!” ujar Dimas, emosinya sedikit mereda
“A…apa kesalahan gua?” tanya Marun ragu, ia merasa sudah memberikan semua yang terbaik yang ia punya untuk Dimas
“ Masih tanya lagi!!! Masa lo selama ini nggak sadar apa penyebab lo putus sama cowok sebelum gua?”
“ Apaan? Jangan bikin gua tambah bingung dong!!! Sumpah Mas, gua nggak tahu apa kesalahan gua. Please kasih tahu apa kesalahan gua” pinta Marun menyesal
“ Lo…lo…”
“ Kenapa gua?”
“ Selalu ingat sama Dito” jawab Dimas pelan tapi tegas sekali
“ Dito…so what? Kalo hanya inget…”
“ Masalahnya lo selalu ingat dalam segala hal…termasuk kalo kita lagi kiss…lo selalu berpikir kalo gua itu adalah Dito”
“ Kenapa lo bisa bilang kaya gitu?” tanya Marun heran dengan ungkapan Dimas tentang dirinya
“Mau bukti?? Inget nggak lo bisikkin apa kalo meluk atau cium gua?? Lo selalu membisikkan nama ‘Dito’, gimana gua nggak marah denger cewek gua bisikkin nama cowok lain sementara kita pacaran, bahkan kita after kiss!!!! Rasanya gua tuh boneka lo…” jelas Dimas
“ Bukan boneka!!! Lagi pula lo tahu sendirikan gimana gua ke Dito…dulu lo bilang lo mau nerima resiko atas kenangan gua bersama Dito, tapi buktinya sekarang?? MANA???” tanya Marun sengit, ia juga tak bisa membendung emosinya jika sudah bersangkutan dengan Dito
“ Hah!!! Sekarang nagih janji!!! Ok memang dulu gua sepakat dengan segala macam kenangan lo dengan Dito, tapi gua masih inget kalo gua nggak punya kesepakatan tentang : salah panggil nama, berpikir kalo gua adalah Dito!!! Nggak ada tuh kesepakatan yang menyebutkan kalo gua tuh media pengganti Dito…emangnya enak apa disangka orang lain terus??? Sadar nggak sih kalo GUA yang sayang sama lo saat ini? Sadar nggak sih kalo GUA  yang melindungi lo saat ini??? Sadar nggak sih kalo GUA yang sedang ciuman sama lo?? SADAR NGGAK SIH??!!” Dimas menumpahkan segala kemarahannya sore itu, ia tak tahan lagi selalu dianggap sebagai Dito
Marun menunduk mendengarkan penjelasan Dimas tadi. Kini api kemarahannya hilang sudah…Rasa bersalah menyelubungi tubuhnya saat ini…Pikirannya bingung, tak bisa fokus…matanya mulai memerah menahan jatuhnya air mata dari matanya. Ia mengulangi kesahan yang sama, lagi….

*     *     *     *     *

Marun tak kuasa menahan air mata yang sedari tadi bergulir di pipinya yang sekarang memerah. Marun duduk lemas di pinggir makam Dito sore itu, bibirnya pucat, wajahnya tampak kelelahan sekali…Kali ini Marun tidak membawa seikat bunga lili putih…bahkan tidak membawa apapun!! Marun membersihkan makamnya tanpa mengganti bunga lili putih yang layu tergeletak di batu nisan putih…
Marun menatap kosong ke ukiran tulisan di batu nisan tersebut. Lama sekali Marun menatap tulisannya.
“ Maaf Dit…gua nggak bawakan lo bunga…maaf…maaf” Marun lantas mencium batu nisan tersebut, air matanya membasahi gundukkan tanahnya.
“ Kenapa lo nggak bawa bunga lili?” tanya seseorang dari belakang. Ternyata Dimas, membawa seikat lili putih. Marun terkejut dibuatnya..
“ Dimas…sedang apa lo?”
“ Gua mau kasih bunga ini buat Dito” jawab Dimas sembari meletakkan bunga di makamnya
“ Buat apa??” tanya Marun tak percaya
“ Untuk ucapan perpisahan”
“ Perpisahan?” tanya Marun kebingungan
“ Say good bye buat dia…jangan ganggu lo dengan bayangan dia lagi…Dito, lepaskanlah Marun dengan ikhlas dan bebas…biarkan Marun merdeka dalam mencari kebahagiaannya…saya tahu, kamu bahagia di surga sana melihat kami bersatu, iyakan Dit?” Dimas kali ini seolah berbicara dengan Dito, Marun terpana dan kagum melihat sikap Dimas terhadap kenangannya bersama Dito
“ Maksud lo apa?” tanya Marun lagi
“ Dit…tolong lo jadi saksi kita dari surga sana, kalau gua dan Marun akan bersatu selamanya, bahagia, tentram bersama. Akan gua isi kebahagiaanya dengan kenangan bersama gua, akan gua lakukan semua tanggung jawab yang pernah lo tanggung untuk menjaga dan membahagiakan Marun. Akan gua penuhi kehidupannya dengan limpahan cinta dan kasih dari gua. Tolong berkati gua untuk terus bisa mencintai Marun apa adanya dia, dengan segala macam kekurangannya dan kelebihannya. Tolong berkati kami…”
Marun tak percaya atas semua yang dikatakan Dimas tadi. Saat itu juga Marun merasa damai berada disisi seseorang selain Dito…Marun memeluk Dimas, Dimas sempat terkejut sebelum sadar dan membalas pelukkan wanita yang sangat ia sayangi dengan ciuman hangat…
“ Dimas” bisik Marun pelan

R 1 Februari 2005

Tidak ada komentar: